Profil Desa Wisata Sigapiton

Desa Sigapiton merupakan salah satu desa yang terpilih untuk dikembangkan menjadi desa wisata berbasis pertanian atau agrowisata pada komoditas bawang merah. Kontur alam Desa Sigapiton memang sangat menarik, posisinya dikelilingi oleh perbukitan dan persawahan. Tak begitu jauh dari desa ini juga ada pula pantai menarik yang diberi nama serupa, yaitu pantai Sigapiton.Kondisi geografis dengan wilayah bebatuan membuat Desa Sigapiton menjadi sentra bawang merah di kawasan Danau Toba. Karena mata pencaharian masyarakatnya adalah petani maka di desa Sigapiton turis dapat menikmati pengalaman berwisata agro.

Secara Geografis dan secara administratif Desa Sigapiton merupakan salah satu Desa dari antara 9 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba yang  memiliki luas Wilayah 900 Km.  Secara topografis terletak pada ketinggiaan  915 meter diatas permukaan air laut. Jumlah Penduduk Desa Sigapiton berdasarkan Profil Desa tahun 2020 sebesar 568 jiwa.

Desa Sigapiton masuk dalam wilayah Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba. Berjarak + 8  Km  dari Kantor Camat Ajibata, dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara          : Motung
  • Sebelah Selatan        : Sirungkungon
  • Sebelah Timur          : Pardamean Sibisa
  • Sebelah Barat           : Danau Toba

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *